cover
Contact Name
I Putu Mas Dewantara
Contact Email
mas.dewantara@gmail.com
Phone
+6281805381503
Journal Mail Official
mas.dewantara@gmail.com
Editorial Address
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pendidikan Ganesha Jl. Udayana Kampus Tengah Singaraja, Bali, Indonesia 81116
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora (JPPSH)
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora (JPPSH) is a journal that uses a double-blind peer review model that can be accessed online. The purpose of JPPSH is to publish a journal containing quality articles that will be able to contribute thoughts from a theoretical and empirical perspective for technological and educational advancement. The writings at JISH will significantly contribute to critical thinking in the scientific fields in general, particularly in the area of Social Sciences and Humanities.
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 2 (2023): Juli" : 13 Documents clear
Persepsi Pengunjung Tentang Daya Tarik Wisata Tabek Mandi Sikabu Koto Tuo Agam Dava Sava Marwa Irfin; Lise Asnur
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora Vol. 7 No. 2 (2023): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppsh.v7i2.38757

Abstract

Perkembangan industri pariwisata di Indonesia saat ini dapat dikatakan sangat pesat majunya. Berbagai macam potensi wisata yang sudah dikembangkan oleh masyarakat di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini menjadikan salah satu sumber devisa penting dan berperan banyak dalam perekonomian nasional jika dapat dikelola dengan tepat dan profesional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi pengunjung tentang Data Tarik Wisata Tabek Mandi Sikabu Koto Tuo Agam.  Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Populasi penelitian ini adalah semua pengunjung di Daya Tarik Wisata Tabek Mandi Sikabu Koto Tuo Agam. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan angket atau kuisioner kepada sampel penelitian. Sampel tersebut ditentukan dengan teknik non probability sampling dengan metode incidental sampling, dengan total responden 100 orang. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan persepsi pengunjung tentang Daya Tarik Wisata Tabek Mandi Sikabu Koto Tuo Agam menunjukkan persentase buruk sebanyak 71%. Berdasarkan indikator atraksi dapat dikategorikan buruk dengan persentase 54% dalam rentang. Berdasarkan amenities dengan persentase buruk sebanyak 75%. Berdasarkan indikator aksesibilitas dapat dikategorikan cukup baik dengan persentase 53%. Berdasarkan ancillary dengan persentase cukup baik dengan persentase 50%.
Kualitas Pelayanan Receptionist Di Fave Hotel Olo Padang Andika Andaresta; Lise Asnur
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora Vol. 7 No. 2 (2023): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppsh.v7i2.38788

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan tentang kualitas pelayanan yang merupakan salah satu faktor penentu kepuasan konsumen dalam menginap di hotel. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan receptionist di Fave Hotel Olo Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik non probability sampling, yaitu memilih konsumen yang pernah menginap dan sedang menginap di Fave Hotel Olo Padang. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner yang terdiri dari 21 butir pernyataan yang terkait dengan kualitas pelayanan receptionist. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dan dideskripsikan dengan menggunakan bantuan SPSS versi 25.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kualitas pelayanan yang menginap di Fave Hotel Olo Padang diklasifikasikan pada kategori cukup dengan persentase 73,2% yang artinya kualitas pelayanan receptionist di Fave Hotel Olo Padang terdapat pada kategori cukup. Indikator bukti fisik dikategorikan baik dengan persentase 72,2%; indikator empati berada pada kategori cukup dengan persentase 47,4%; indikator kehandalan berada pada kategori buruk dengan persentase 71,1%; indikator daya tanggap dikategorikan buruk pada persentase 46,4%%; indikator jaminan digolongkan pada kategori baik dengan persentase 42,3%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penilaian kualitas pelayanan yang berkunjung dan menginap ke Fave Hotel Olo Padang menyatakan kategori cukup.
Profitabilitas Menu di Mentawai Restaurant Pangeran Beach Hotel Padang Putri Rahayu; Lise Asnur
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora Vol. 7 No. 2 (2023): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppsh.v7i2.50594

Abstract

Perkembangan restoran di Indonesia merupakan salah satu bidang yang sangat penting untuk meningkatkan pendapatan nasional. Hal ini terlihat dari banyaknya restoran yang beroperasi di seluruh Indonesia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa penjualan menu di Mentawai Restaurant tidak memenuhi target, adanya penghapusan menu, dan pembatasan pemilihan menu minuman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat profitabilitas menu dan menentukan posisi menu  pada Mentawai Restaurant. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif yang dilakukan di Mentawai Restaurant Pangeran Beach Hotel Padang. Penelitian ini meliputi seluruh menu makanan dan minuman yang ada di Mentawai Restaurant sebanyak 82 menu, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Data dari penelitian ini diperoleh melalui observasi dan studi dokumentasi dan dianalisis menggunakan menu engineering worksheet di microsoft excel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada 43 menu di Mentawai Restaurant yang menunjukkan profitabilitas tinggi. Kategori Star sebanyak 2 menu, kategori Plowhorse sebanyak 6 menu, kategori Puzzle sebanyak 12 menu dan kategori Dog sebanyak 10 menu. 52 menu lainnya tidak dapat diklasifikasikan karena posisi menu tersebut berubah-ubah.
Sanitasi Makanan Karyawan di Kantin XYZ Padang Anisa Apriani; Lise Asnur
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora Vol. 7 No. 2 (2023): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppsh.v7i2.54288

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masalah yaitu adanya peralatan makanan atau minuan yang terlihat kotor,tempat penyimpanan bahan makanan yang tidak tertata rapi, sehingga memakan waktu lama untuk mengambil bahan untuk makanan yang akan dipakai, dan tempat sampah makanan yang dibiarkan terbuka ketika mengelola makanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sanitasi makanan dalam bentuk kebersihan perlengkapan makanan dan minuman, kebersihan dalam menyimpan bahan makanan, dan kebersihan pada pelaksanaan olahan makanan di kantin XYZ Padang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilaksanakan melalui penggunaan metode observasi, wawancara, dan dokumentsi untuk mendapatkan informasi dari informan yang dipilih melalui penggunaan teknik Purposive Sampling. Data dianalisis secara reduksi yakni membuat rangkuman, memilih dan memusatkan pada hal-hal penting, dan juga melakukan analisis data, yang didapatkan akan permasalahan yang dilakukan penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peralatan yang tidak bersih dan tidak dicuci sebelum digunakan terlebih dahulu, terdapat kecoa dan serangga pada tempat untuk menyimpan bahan untuk makanan dan tempat untuk menyimpan bahan makanan yang tidak ditata secara rapi, bahan makanan atau makanan yang selesai diolah tidak ditutup, dan tempat sampah makanan yang dibiarkan selalu terbuka dan meja penyajian tidak bersih.
Pengaruh Experiential Marketing dan Electronic Word of Mouth Terhadap Revisit Intention Melalui Brand Image Sebagai Variabel Mediasi I Nyoman Suparno; Ni Made Asti Aksari
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora Vol. 7 No. 2 (2023): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppsh.v7i2.54873

Abstract

Adanya penurunan kunjungan yang diakibatkan lemahnya revisit intension, sehingga diperlukan strategi pemasaran yang efektif agar sesuai dengan preferensi konsumen. Penelitian bertujuan ini untuk menguji dan menjelaskan peran brand image dalam memediasi hubungan experiential marketing dan eWOM terhadap revisit intention. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan merupakan penelitian asosiatif.  Subjek penelitian ini adalah konsumen yang pernah berkunjung ke Cafe Green Kubu Ubud.  Data terdiri dari 100 sampel dan teknik analisis yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan alat analisis berupa software SmartPLS 3.2.9. Adapun kesimpulan dalam penelitian ini adalah experiential marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image dan revisit intention, eWOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image dan revisit intention, brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap revisit intention, dan brand image mampu memediasi secara parsial pengaruh experiential marketing dan eWOM terhadap revisit intention pada Cafe Green Kubu.  Penelitian ini mempunyai implikasi teoritis, yaitu hasil penelitian ini mampu memperkuat beberapa penelitian sebelumnya, serta mempunyai implikasi praktis bagi para pelaku bisnis kuliner khususnya Cafe Green Kubu.
Video Pembelajaran Berbasis Model Discovery Learning Bermuatan IPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Ni Made Miasari; Ni Ketut Suarni; I Made Ardana
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora Vol. 7 No. 2 (2023): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppsh.v7i2.59836

Abstract

Kurang tersedianya media pembelajaran mengenai jenis-jenis usaha ekonomi masyarakat mengakibatkan rendahnya pemahaman siswa mengenai materi jenis-jenis usaha ekonomi masyarakat sehingga kompetensi siswa pada muatan IPS juga rendah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran berbasis model discovery learning bermuatan IPS pada materi jenis-jenis usaha ekonomi masyarakat untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian dengan model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD. Pengembangan penelitian ini melalui lima tahapan yaitu: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Karakteristik dari video pembelajaran ini yang dikembangkan mengandung unsur interaktif dan bermuatan masalah autentik yang khusus berhubungan dengan jenis-jenis usaha ekonomi di masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video yang dihasilkan merupakan video pembelajaran yang valid berdasarkan penilaian validator yaitu dengan rata-rata skor 4,55 dari skor maksimum 5,0. Keefektifan dari video pembelajaran dilihat dari ketuntasan tes hasil belajar IPS yang dimiliki siswa setelah belajar berbantuan video pembelajaran berbasis model discovery learning bermuatan IPS pada materi jenis-jenis usaha masyarakat. Niilai rata-rata 72,0 dari skor maksimum serta 100 yang tergolong kategori tuntas. Berdasarkan hasil tersebut, video pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
Motivasi Karir, Motivasi Sosial, Biaya Pendidikan dalam Mempengaruhi Minat Mahasiswa untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi Christian Silvester Saut Harun; I Made Karya Utama
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora Vol. 7 No. 2 (2023): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppsh.v7i2.64982

Abstract

Indonesia yang telah mengikuti perjanjian Asean Economic Community (AEC) pada tahun 2016 membuat negara-negara di kawasan ASEAN membuat aturan single market. Salah satu permasalahan akibat adanya AEC adalah terancamnya profesi Akuntan Publik di Indonesia. Tenaga akuntan di Indonesia masih sangat kurang, sedangkan kebutuhan akan akuntan yang professional sangat besar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi karir, motivasi sosial, dan biaya pendidikan terhadap minat mahasiswa sarjana akuntansi untuk mengikuti pendidikan profesi akuntansi (PPAk). Penelitian ini menggunakan desain penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk asosiatif.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa akuntansi program S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana angkatan 2019 yang berjumlah 255 mahasiswa aktif yang terdaftar di SIMAK. Penentuan sampel yang digunakan adalah teknik total sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode survei. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil peneitian menunjukkan bahwa seluruh variabel independen yang meliputi motivasi karir, motivasi sosial dan biaya pendidikan berpengaruh secara bersama-sama pada minat mahasiswa sarjana akuntansi mengikuti PPAk. Sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi karir, motivasi sosial, dan biaya pendidikan berpengaruh positif pada minat mahasiswa sarjana akuntansi mengikuti PPAk.
Pengaruh Kecerdasan Emosional, Latar Belakang Jurusan, dan Perilaku Belajar pada Tingkat Pemahaman Akuntansi Ni Made Ria Paramita Wiraningsih; Maria Mediatrix Ratna Sari
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora Vol. 7 No. 2 (2023): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppsh.v7i2.64983

Abstract

The level of accounting understanding possessed by students is an important focus because it is an indicator of educational success that leads to future career access such as becoming a professional accountant. The purpose of this study was to obtain empirical evidence regarding the effect of emotional intelligence, major background, and learning behavior on the level of accounting understanding. This research was conducted at the Faculty of Economics and Business, Udayana University with a survey method using a questionnaire. The sample in this study was 156 respondents with a purposive sampling technique. The data analysis technique used is multiple linear regression. This study found that emotional intelligence, major background, and learning behavior have a positive effect on the level of accounting understanding. This shows that the higher the emotional intelligence, major background, and learning behavior possessed by students, the higher the level of accounting understanding of undergraduate accounting study program students in 2019. The results of this study are in line with multiple intelligence theory and cybernetic theory.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kejadian Hamil Pranikah di Kabupaten Bangli Putu Windy Febryanti; Ni Made Tisnawati
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora Vol. 7 No. 2 (2023): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppsh.v7i2.65017

Abstract

Hamil pranikah adalah kondisi seorang perempuan yang hamil sebelum perempuan tersebut terikat dalam ikatan perkawinan dan kemudian sang perempuan dinikahkan dengan laki-laki yang menghamilinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh simultan pendidikan orang tua, pendidikan responden, kondisi ekonomi, lingkungan, dan media sosial terhadap kejadian hamil pranikah di Kabupaten Bangli; dan pengaruh parsial pendidikan orang tua, pendidikan responden, kondisi ekonomi, lingkungan, dan media sosial terhadap kejadian hamil pranikah di Kabupaten Bangli. Desain penelitian ini menggunakan desain berbentuk asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Bangli dengan Kecamatan Bangli dipilih sebagai perwakilan kecamatan yang dominan daerahnya perkotaan dan Kecamatan Susut akan dipilih sebagai perwakilan kecamatan yang dominan pedesaan. Populasi dalam penelitian ini yaitu Pasangan Usia Subur (PUS) di Kabupaten Bangli sebanyak 47.661 PUS. Menggunakan rumus slovin didapatkan jumlah sampel sebanyak 100 PUS dan teknik purposive sampling akan digunakan untuk pertimbangan dalam pengambilan sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara terstruktur, dan wawancara mendalam. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh informasi bahwa pendidikan orang tua, pendidikan responden, kondisi ekonomi, lingkungan, dan media sosial berpengaruh simultan dan signifikan terhadap kejadian hamil pranikah di Kabupaten Bangli.
Kesetaraan Gender dan Kebijakan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Anak Agung Ayu Intan Pramiswari; Tedi Erviantono; Ni Wayan Radita Novi
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora Vol. 7 No. 2 (2023): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppsh.v7i2.66694

Abstract

Kebijakan kesehatan merupakan kebijakan publik. Tujuan dari kebijakan kesehatan ialah guna menyiapkan pola pencegahan, pelayanan yang memerhatikan pada pemeliharaan kesehatan, pengobatan penyakit dan perlindungan terhadap kaum rentan. Penelitian ini mengkaji tentang akomodasi kesetaraan gender dalam kebijakan khususnya Pengarusutamaan Gender dalam pelaksanaan kebijakan kesehatan masyarakat khususnya dalam pelaksanaan posyandu yang tercantum pada Keputusan Bupati Badung Nomor 1931/0413/HK/2022 Tentang Penetapan Jumlah Posyandu dan Kader Posyandu Pada Sub Kegiatan Peningkatan Upaya Promosi Kesehetan, Advokasi, Kemitraan dan Pemberdayaan Masyarakat. Melihat adanya suatu Pengarustamaan Gender dalam pembangunan khususnya dalam kebijakan terdapat suatu pernyataan bahwa masyarakat Bali cenderung sistem kekerabatan Patrilineal yang terasumsi patriarki. Jenis penelitian ini tergolong kualitatif. Metode kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis, lisan dari informan dan perilaku yang diamati. Selanjutnya metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lalu, teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, pengolahan data dilakukan dengan melalui tiga tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil temuan terdapat kesimpulan bahwa adanya akomodasi kesetaraan gender yang beragam dari sisi eksternal maupun internal. Melihat adanya komposisi perempuan dan laki-laki dari sisi internal pelaksanaan kebijakan ini sudah cenderung optimal sedangkan dari sisi eksternal yaitu masyarakat masih terdapat komposisi ketidaksetaraan dalam gender.

Page 1 of 2 | Total Record : 13